Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Sejarah Kiprah Tokoh Agus Salim dalam Memperjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kiprah Tokoh Agus Salim dalam Memperjuangan Kemerdekaan Indonesia

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 3
TerburukTerbaik 

Agus SalimAgus Salim yang pada saat setelah lahir diberi nama Mashudul Haq yang berarti “Pembela Kebenaran” sebuah harapan dari kedua orang tuanya yang pada kemudian hari apa yang diharapkan itu terwujud sebagai tokoh besar yang ikut membela kemerdekaan Indonesia.

Tokoh besar ini lahir pada  8 Oktober 1884 di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat.  Beliau merupakan buah hati dari  pasangan Soetan Salim gelar Soetan Mohamad Salim dan Siti Zainab. Jabatan terakhir ayahnya adalah Jaksa Kepala di Pengadilan Tinggi Riau.

Pendidikan dasar Agus Salim ditempuh di Europeesche Lagere School (ELS), sekolah khusus anak-anak Eropa, kemudian dilanjutkan ke Hoogere Burgerschool (HBS) di Batavia. Ketika lulus, ia berhasil menjadi lulusan terbaik di HBS se-Hindia Belanda.

Setelah lulus, Salim bekerja sebagai penerjemah dan pembantu notaris pada sebuah kongsi pertambangan di Indragiri. Pada tahun 1906, Salim berangkat ke Jeddah, Arab Saudi untuk bekerja di Konsulat Belanda di sana. Pada periode inilah Salim berguru pada Syeh Ahmad Khatib, yang masih merupakan pamannya.

Awal karir Salim mulai mengikuti dunia jurnalistik yang menarik baginya pada tahun 1915 di Harian Neratja sebagai Redaktur II. Setelah itu diangkat menjadi Ketua Redaksi. Menikah dengan Zaenatun Nahar dan dikaruniai 8 orang anak. Kegiatannya dalam bidang jurnalistik terus berlangsung hingga akhirnya menjadi Pemimpin Harian Hindia Baroe di Jakarta.

Untuk menyampaikan hasratnya yang masih terasa belum terwujud ia akhirnya mendirikan sendiri Surat kabar Fadjar Asia. Dan selanjutnya sebagai Redaktur Harian Moestika di Yogyakarta dan membuka kantor Advies en Informatie Bureau Penerangan Oemoem (AIPO). Bersamaan dengan itu Agus Salim terjun dalam dunia politik sebagai pemimpin Sarekat Islam.

Setelah proklamasi dikumandangkan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 oleh Ir. Soekarno dan Dr. Mohammad Hatta yang secara cepat tersebar ke berbagai penjuru negari dan bahkan dunia. Usaha ini dilakukan oleh H. Agus Salim dan kawan-kawan. Agus Salim, M. Natsir dan lain-lain berkeliling dari Negara-ke Negara untuk mendapatkan dukungan dan pengakuan dunia.

Saat Delegasi resmi RI yang dipimpin oleh Agus Salim yang pada waktu itu menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri mengunjungi Mesir untuk mendapatkan pengakuan dunia sejak proklamasi Kemerdekaan. Kunjungan ini menghasilkan perjanjian persahabatan RI dan Mesir (Juni, 1947). Tanggal 10 Juni 1947, Agus Salim berhasil mendapatkan dukungan Mesir untuk menjalin kekerabatan intim dengan Indonesia.

Dukungan ini cukup heroik dan penuh perjuangan. Pemerintah Mesir mengirim langsung konsul Jenderalnya di Bombay yang bernama Mohammad Abdul Mun’im ke Ibu Kota Negara, Yogyakarta, dengan menembus blokade Belanda untuk menyampaikan dokumen resmi pengakuan Mesir kepada Negara Republik Indonesia. Syukur perjalanan Mohammad Abdul Mun’im ke Yogyakarta yang penuh resiko ini berhasil sampai tujuan. Surat Resmi dari Pemerintah Mesir sampai ke tangan Presiden Soekarno.

Tidak hanya pemerintahannya saja, Rakyat Mesir pun bersimpati dengan perjuangan RI. Simpati ini berupa sebuah resolusi dari hasil rapat umum partai-partai politik dan organisasi massa pada 30 Juli 1947 Mesir. Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Presiden Tunisia, Habib Burguiba, Kepala Negara Maroko, Allal A Fassi. Isi hasil rapat umum rakyat Mesir tersebut yaitu: (1). Pemboikotan barang-barang buatan Belanda di seluruh negara-negara Arab; (2). Pemutusan hub diplomatik antara negara-negara Arab dan Belanda. (3). Penutupan pelabuhan-pelabuhan dan lapangan-lapangan terbang di wilayah Arab terhadap kapal-kapal dan pesawat-pesawat Belanda (secara konkret poin ini dilaksanakan di Terusan Suez); (3). Pembentukan tim-tim kesehatan untuk menolong korban-korban agresi Belanda. Rakyat Mesir juga mengirimkan misi Bulan Sabit Merah ke Indonesia lengkap dengan obat, alat kesehatan dan tim dokter.

Sebelum berangkat ke Mesir, Agus Salim sudah terlebih dahulu berangkat ke New Delhi, India, yaitu pada akhir Maret 1947. Dalam kunjungannya tersebut Agus Salim sudah berada di New Delhi, India.

Kunjungannya ini tidak hanya untuk mencari dukungan internasional tetapi juga sebagai penasehat delegasi kontingen Indonesia dalam Inter-Asian Relations Conference (Konferensi Hubungan Antar-Asia). Kesempatan ini digunakan oleh Agus Salim untuk memperkenalkan Indonesia dalam pergaulan internasional dan menjalin hubungan dan berdialog dengan para pemimpin India, baik yang tergabung dalam Indian National Congress seperti Jawaharlal Nehru, maupun tokoh-tokoh politik Indonesia semisal Muhammad Ali Jinnah dari All-India Moslem League. Sebelum pernyataan resmi para tokoh nasional India ini bersimpati dan memberikan dukungan atas kemerdekaan Indonesia.

Haji Agus Salim juga, seperti cerita yang dikutip dari New York Times , Agus Salim adalah duta besar Indonesia pertama untuk Britania Raya. Di Indonesia, dia dikenal dengan julukan Grand Old Man. Pria kecil itu adalah orang Indonesia pertama yang mengenyam pendidikan barat.

Seperti yang dikutip dari bukunya Prof. Schermerhon dalam Het dagboek van Schermerhon yang menjelaskan kemampuan dan kecerdasan Agus Salim. ”...Orang tua yang sangat pandai ini adalah seorang yang jenius. Ia mampu bicara dan menulis secara  sempurna sedikitnya dalam 9 bahasa. Kelemahannya hanya satu: ia hidup melarat.”

Untuk menghargai jasa-jasanya Pemerintah memberikan gelar kepahlawanan untuk Haji Agus Salim yang ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.

Sumber :

1. indonesianvoices.com/index.php/sejarah/172-mesir-negara-pertama-yang-secara-resmi-mendukung-kemerdekaan-indonesia.

2. http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/04/24/m2yi6c-haji-agus-salim-sang-pembela-kebenaran.

3. wikipedia.org


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Rabu, 19 Juni 2013 02:39 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
PBB dan Uni Eropa Sepakat Moursi Harus Dibebaskan
28/07/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekjen PBB, Ban Ki-moon, Kamis menyerukan kepada militer Mesir untuk membebaskan presiden digulingkan Muhammad Moursi dan para pemimpin Ikhwanul Muslimin, yang ditahan sejak penggulingannya pada  [ ... ]


Mesir Selenggarakan Pemilu Pertama Paska Tergulingnya Hosni Mubarak
24/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Mesir menyelenggarakan pemilihan umum pertama sejak jatuhnya pemerintahan Hosni Mubarak yang digulingkan oposisi tahun lalu.

TPS umumnya ditutup pada 9:00 pm (1900 GMT) hari Kamis (24/05/2012) setelah [ ... ]


Afrika
Kuba Mendesak AS Melepaskan Rene Gonzales
18/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan agen mata-mata Kuba, Rene Gonzales, bebas dari penjara Miami, Amerika Serikat pada Jumat (7/10) pagi, setelah menjalani 13 tahun dari 15 tahun masa hukumannya karena dianggap Pemerintah AS, Gon [ ... ]


Masyarakat Peru Bermimpi Tentang Indonesia
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Suasana pantai Ancon, yang berjarak satu setengah jam dari kota Lima semakin semarak dengan hiasan umbul-umbul khas Bali yang dipasang di tepi pantai Náutico de Ancon, klub terkemuka di Lima. Hias [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Yogyakarta Wilayah Pertama NKRI
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pascaproklamasi kemerdekaan pada 1945, setelah Sri Sultan Hamenku Buwono IX yang berkuasa di Keraton Yogya [ ... ]


NU Salah Satu Tiang NKRI
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Nahdlatul Ulama (NU) dianggap sebagai soko guru yang menjadi salah satu tiang NKRI. Menurut Ketua MK, Mahfud MD, NU selalu menjaga kesatuan itu. "Tiang sosiologis dan politis untuk kelangsungan NKRI [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Rusia, China dan Negara-Negara Asia Tengah Latihan Militer Bersama
09/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Rusia, China dan negara-negara Asia Tengah sedang menggelar latihan militer bersama di bawah organisasi Shanghai SCO yang akan terus dibangun sebagai bagian kerjasama multilateral Rusia, China dan A [ ... ]


Merasa Terancam dengan Negara Tetangga, Jepang Tambah Terus Anggaran Pertahanan
12/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut laporan media Jepang, pemerintah Jepang Senin lalu mengumumkan akan menambah anggaran pertahanan tahun 2014 sampai 4,8 triliun Yen, atau sekitar 300 miliar RMB. Jepang telah dua tahun ber [ ... ]


Perkembangan Militer
Masyarakat Ekonomi ASEAN Hajat Terbesar Negara-Negara ASEAN
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan yang tengah menghadiri Pertemuan Menteri Ekonomi ke-44 ASEAN di Siem Reap Kamboja menyatakan, pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 merupakan t [ ... ]


ASEAN Merayakan Ulang Tahun ke-45
10/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

ASEAN merayakan ulang tahun organisasi negara-negara Asia Tenggara ini yang ke 45. Apa yang telah diperjuangkan oleh organisasi ini untuk mencapai visi dan misi tidak hanya akan memberikan kontribusi  [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Pidato Ir. Soekarno pada Saat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955
Tim Admin Indonesian Voices

Tuan-tuan yang mulia, Nyonya-nyonya, dan Tuan-tuan, Saudara-saudara sekalian! Saya merasa bangga pada hari yang bersejarah ini mendapat kehormatan dan hak istimewa mengucapkan selamat datang pada t [ ... ]


Perjuangan Pemuda Robert Wolter Mongonsidi Melawan Penjajahan Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Ini kisah perjuangan seorang pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi yang ditetapkan pada tahun 1973 dan mendapat gelar Bintang Gerilya (tahun 1958) dan Bintang Maha Putera Kelas III (tahun 1960).  [ ... ]


Pemuda Pejuang Margonda, Namanya Menjadi Jalan di Depok
Tim Admin Indonesian Voices

Ketika Inggris membawa NICA tahun 1945 - 1946 jalur jalan Margonda menjadi sering dilalui oleh tentara Sekutu untuk mengirim pasukan ke Timur Jawa. Pada tanggal 16 Juni 1946, Depok diserang secara bes [ ... ]


Menghadang NICA di Pertempuran Medan Area
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun
Pada tanggal 24 Agustus 1945, antara pemerintah Kerajaan Inggris dan Kerajaan Belanda tercapai suatu persetujuan yang terkenal dengan nama civil Affairs Agreement. Dalam perset [ ... ]


Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Candi Prambanan Warisan Budaya Dunia dengan Arsitektur yang Indah
23/03/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang langsing dan menjulang setinggi 47 meter membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi. Susunan batu-batu yang  [ ... ]


Wista Paralayang dan Petualangan di Lampung Barat yang Menantang
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kabupaten Lampung Barat merupakan salah satu DaerahTujuan Wisata (DWT) di Propinsi Lampung. Ini dapat dilihat daribanyaknya wisatawan mancanegara maupun nusantara yang datang berkunjunguntuk menikma [ ... ]


Pemandangan Perbukitan di Lampung Barat
03/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kabupaten Lampung Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Lampung, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Liwa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1991 tanggal [ ... ]


Kebun Sayur di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perkebunan sayur yang berada di pegunungan di Kabupaten Cianjur. Lokasi yang tinggi, suhu dingin dan lahan yang subur menyebabkan tumbuhan sayaur dapat tumbuh dengan subur di kawasan ini. Selain seb [ ... ]


Kebijakan Pembebasan Visa Meningkatkan Sektor Pariwisata di Indonesia
15/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Partnership and Cooperation Agreement antara Indonesia dan Uni Eropa pada tahun 2009, sebuah upaya penting dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menghapu [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Wayang Golek Teater Tradisional Masyarakat Sunda
11/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai laya [ ... ]


Aktivitas Penjual Balon Sabun di Lapangan Parkir Enggal, Bandar Lampung
05/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lapangan Parkir Enggal merupakan alun-alun Bandar Lampung yang biasa menjadi pusat kegiatan berbagai macam kreasi anak muda Bandar Lampung. Lokasi ini berada di Kelurahan Enggal bersebelahan dengan  [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Berbagai Penemuan Arca Megalitik di Indonesia
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Arca megalitik folenesia ditemukan tahun 1963 di Situs Pugung Raharjo, Lampung Timur. Pada bagian pinggang belakang terselip sebuah keris sebagai ciri arca yang menggambarkan salah satu tokoh perwuju [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]