Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Sejarah Kemerdekaan RI Kronologis Gerilya TNI Sebelum Serangan 1 Maret 1949 Ke Yogyakarta

Kronologis Gerilya TNI Sebelum Serangan 1 Maret 1949 Ke Yogyakarta

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 8
TerburukTerbaik 

Oleh Heri Hidayat Makmun

Serangan Gerilyawan TNI Ke Yogyakarta pada 1 Maret 1949Berhasilnya tentara Belanda menduduki tempat-tempat penting di kota Yogyakarta dalam waktu relatif singkat, menimbulkan kesan yang dalam pada masyarakat dan dunia interanasional seakan pemerintahan RI bukanlah pemerintah layaknya, dan TNI itu tidak kuat.

Para pemimpin kita pada waktu itu khwatir hal ini bisa menjadi alasan de facto pemerintahan RI itu tidak memiliki legitimasi yang kuat pada rakyat Indonesia. Hal ini membuat Panglima Besar Jenderal Sudirman berpikir bagaimana caranya propaganda Belanda di dunia internasional dapat dipatahkan dan TNi dapat membuktikan masih eksis sebagai garda terdepan dalam menjaga tanah air tercinta ini.

Dari sini disusunlah berbagai rencana aksi Serangan Umum 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara terkoordinasi yang direncanaan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III -dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat- berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI -berarti juga Republik Indonesia- masih ada dan cukup kuat. Rencana ini pun mendapat dukungan dari Sri Sultan Hamangkoeboeono.

Serangan Gerilyawan TNI Ke Yogyakarta pada 1 Maret 1949

Untuk membangun jaringan TNI maka di tugaskan Letkol. dr. Wiliater Hutagalung pada awal Februari 1948 yang kemudian sejak September 1948 diangkat menjadi Perwira Teritorial dan ditugaskan untuk membentuk jaringan pesiapan gerilya di wilayah Divisi II dan III.

Pada pertemuannya dengan Panglima Besar (Pangsar) Sudirman guna melaporkan mengenai resolusi Dewan Keamanan PBB dan penolakan Belanda terhadap resolusi tersebut dan melancarkan propaganda yang menyatakan bahwa Republik Indonesia sudah tidak ada lagi.

Melalui Radio Rimba Raya, Panglima Besar juga telah mendengar berita tersebut. Panglima Besar menginstruksikan untuk memikirkan langkah-langkah yang harus diambil guna mengcounter propaganda Belanda.

Inti gagasannya yang dikemukakan sebagai grand design adalah:
1. Serangan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Divisi III, yang melibatkan Wehrkreise I, II dan III,
2. Mengerahkan seluruh potensi militer dan sipil di bawah Gubernur Militer III,
3. Mengadakan serangan spektakuler terhadap satu kota besar di wilayah Divisi III,
4. Harus berkoordinasi dengan Divisi II agar memperoleh efek lebih besar,
5. Serangan tersebut harus diketahui dunia internasional, untuk itu perlu mendapat dukungan dari:

Serangan Gerilyawan TNI Ke Yogyakarta pada 1 Maret 1949Wakil Kepala Staf Angkatan Perang guna koordinasi dengan pemancar radio yang dimiliki oleh AURI dan Koordinator Pemerintah Pusat. Unit PEPOLIT (Pendidikan Politik Tentara) Kementerian Pertahanan.

Dalam serangan ini siaran radio ini berhasil mengudarakan keberhasilan serangan 1 Maret 1949 ke Yogyakarta yang banyak diterima oleh pemirsa di luar negari, sehingga memberikan simpati para pejuangan TNI.
Tujuan utamanya adalah Bagaimana menunjukkan eksistensi TNI dan dengan demikian juga menunjukkan eksistensi Republik Indonesia kepada dunia internasional. Untuk menunjukkan eksistensi TNI, maka anggota UNCI, wartawan-wartawan asing serta para pengamat militer harus melihat perwira-perwira yang berseragam TNI.

Sebelum serangan 1 Maret yang sesungguhnya maka TNi yang tersebar dalam berbagai wilayah di Yogyarakat dan sekitarnya melakukan aksi yang bertujuan menjatuhkan moral musuh dan agar mereka tidak dapat istirahat dengan dengan.

Sejak agresi militer Belanda II, tentara Belanda di tempatkan pada banyak pos-pos yang terpencar-pencar. Sabotase-sabotase TNI yang memutuskan saluran telepon, merusak jaringan rel kereta api yang sering digunakan untuk mengangkut perbekalan pasukan Belanda cukup efektif membuat banyak posisi-posisi mereka goyah. Kekuatan persenjataan yang canggih seakan tidak berarti manakala penyerangan TNI dan berbagai barisan rakyat dan lascar dilakukan secara mendadak di malam-malam hari. Setelah melakukan beberapa tembakan dengan presesi tinggi pada penjaga, sehingga menimbulkan korban dipihak Belanda, pasukan TNI cepat berbalik ke hutan-hutan dan kampong-kampung sekitar Yogyakarta.

Serangan Gerilyawan TNI Ke Yogyakarta pada 1 Maret 1949Berbagai aksi dan sabotase pada fasilitas-fasilitas vital Belanda ini dilakukan sebagai awalan dan pemanasan bagi seluruh anggota TNI dan barisan rakyat Secara umum ini terus menerus dengan area yang menyebar sebagai awalan serangan sesungguhnya pada 1 maret 1949. Belanda terpaksa memperbanyak pos-pos disepanjang jalan-jalan besar yang menghubungkan kota-kota yang telah diduduki, tetapi usaha ini menjadi sia-sia manakala setelah perbakan instalasi komunikasi yang digunakan Belanda dengan mudah diputus lagi oleh para Pemuda baik TNI maupun masyarakat Yogyakarta yang mendukung perjuangan TNI.

Perang gerilya yang dilakukan SWK-SWK dari Wehrkreise III hamper tidak berhenti. Berbagai penghadangan dan sergapan terhadap pos maupun konvoi Belanda hamper tiap hari terjadi. Pada tanggal 21 Januari 1949, gerilya WK III dalampenghadangan patrol Belanda antara Yogyakarta – Bantul berhasil menghancurkan 2 truk Belanda, dan tanggal 10 Februari 1959 terjadi penghadangan yang serupa.

Selain itu satuan TNI juga melancarkan serangan atas kedudukan Belanda di bantul yang membawa korban cukup besar bagi Belanda; beberapa orang anggota tentara Belanda tewas. Kecuali oleh satuan TNI di daerah selatan SWK 102. Penghadangan dan serangan terhadap kedudukan Belanda juga dilakukan oleh anggota kepolisian khususnya dari satuan Brigade Mobil pimpinan IP II, J. Soeparno di daerah Bantul Timur. Gerakan dari satuan ini pun menimbulkan kerugian dan kesulitan bagi pihak Belanda.

Demikian juga dengan Taruna Militer Akademi (MA) Yogya di bawah Komanda Gubernur MA Sendiri, Kolonel Djatikoesumo yang memimpin 1 kompi minus, yang terdiri dari 3 pleton, satu pleton di antaranya merupakan pleton gabungan yang terdiri dari Taruna MA, Tentara Pelajar, dan Tentara Genie Pelajar. Kompi MA tergabung dalam SWK 104 di bawah pimpinan Mayor Kasno, yang juga instruktur MA.
Kegiatan yang dilakukan oleh Kompi MA selama perlawanan gerilya antara lain penghadangan terhadap Belanda, serta penyerangan terhadap pos Belanda sepanjang jalur jalan Yogya – Solo dan Yogya – Kaliurang. Selain itu, Kompi MA juga breperang dalam serangan umum keua tanggal 9 Januari 1949. Dalam serangan umum tersebut

Kegiatan yang dilakukan oleh KOmpi MA selama perlawanan gerilya, antara lain penghadangan terhadap Belanda dan penghadangan dan penyerangan di jalur jalan Yogyakarta – Solo, Yogyakarta – Kaliurang. Selain itu Kompi MA juga berperan dalam serangan umum kedua tanggal 9 Januari 1949. Dalam serangan umum tersebut seorang taruna yang berpangkat Vandrig Kadet Lily Rochly gugur sewaktu menyerang Markas Militer Belanda di Gondokusuman (Sekarang Musium TNI-AD).

Kegiatan para anggota gerilya SWK-SWK dari Wehrkreise III hamper tidak berhenti sebelum penyerangan umum 1 Maret 1549. Berbagai serangan di lancarkan di objek-objek vital dan pos-pos Belanda yang terutama sepanjang Yogya – Solo. Di daerah sekitar Kalasan Prambanan antara lain seranagn terhadap Bogem, Pasukan Taruna dibantu oleh Ki Raharjo dari SWK 105 dengan mengerahkan 2 seksi senapan mesin berat dan 1 seksi senapan. Serangan ini menyebabkan tentara Belanda melancarkan pembalasan terhadap satuan MA.

Serangan tentara Belanda terhadap satuan MA, dilancarkan di sekitar daerah Kringinan – Plataran, wilayah Cangkringan – Kalasan. Pada kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh Satuan Pelopor (Baret Hijau/Merah) Belanda di darah yang dipergunakan sebagai basis gerilya MA, maka di desa Pelataran pada tanggal 14 Februari 1949, terjadi pertempuran yang sengit antara Belanda dengan para taruna yang sedang beristirahat, setelah selesai menyerang pos Belanda di Bogem.

Serangan yang dilakukan oleh satuan Belanda secara mendadak tersebut mendapat perlawanan yang gigih dari para kadet MA, sehingga mengakibatkan gugurnya 2 perwira remaja lulusan MA, 5 orang taruna, dan seorang anggota Tentara Pelajar serta 2 taruna luka-luka.

Serangan terhadap kedudukan tentara Belanda di darah Yogyakarta, selain direncanakan terlebih dahulu dan dilakukan secara mendadak, kadang-kadang pula dilakukan di luar perencanaan, atau secara tiba-tiba. Kegiatan serangan semacam ini banyak terjadi di dalam Kota Yogyakarta. Terutama yang dilakukan oleh anggota TP yang membuat kantong-kantong gerilya didalam kota.

Pada sekitar bulan Januari 1949 pasukan TP berhasil menculik Kapten Belanda di jalan Lempuyung, juga meledakkan tank Belanda di daerah Ngasem dan Mangkubumen. Selain itu aksi TP juga menyerang pos Belanda di desa Besi dan Kledokan sebelah selatan Pakem, serta serangan-serangan pendadakan lainya di dalam kota.

Bulan Januari 1949 Belanda telah melakukan serangan berulang-ulang ke Yogyakarta Barat, tetapi serangan Belanda ini tidak berarti dan tidak menimbulkan korban di pihak kita, tetapi sayangnya Belanda melakukan pembakaran perkampungan rakyat.

Pada Februari 1949 pasukan Belanda bertemu dengan pasukan Yon 151 Brigade 10 yang atas perintah Dan Wehrkreise III, mulai 1 Februari 1949 dipindahkan dari sector Yogya Utara ke Sektor Yogya Barat di Gedean yan glebih rawan serangan Belanda. Pertempuran ini mengakibatkan beberapa korban. Pada serangan Belanda di daerah SWK 103 A pada bulan Februari 1949 di desa Pare gugur inspektur Polisi Toet Harsono dan Lettu Bos Kandou, Staf Operasi dari SWK 103 A.

Pada tanggal 28 Februari terjadi insiden karena kesalahan tanggal oleh pleton Komaroedin bergerak ke utara, menyusup dan menyerbu pos pertahanan Belanda di sekitar Kantor Pos Besar di sebelah utara Alun-Alun Yogya, kemudian bertahan di sekolah Kaputran. Serangan pendadakan yang dilakukan Komaroudin sangat mengejutkan dan berhasil mendesak pasukan Belanda yang kemudian bertahan di pos sambil mengirim berita untuk meminta bantuan. Tidak lama kemudian dating satuan tank yang melakukan penembakan membabi buta. Tembakan salvo pasukan Komaroudin memaksa satuan Belanda mundur sejenak. Kemudian dating lagi satuan panser lain yang memperkuat barisan Belanda. Barisan kendaraan berlapis baja ini menembaki sekolah Kaputran, tempat gerilyawan melancarkan serangan.

Terpaksa pasukan Komaroudin menyebar , berlindung dan bertahan. Letnan Soegijono yang berkedudukan dekat dengan Letnan Komaroudin. Letnan Gedeon dan Sersan Soejoed berhasil menghubungi Letnan Komaroudin dan menjelaskan kesalahan tanggal penyerangan ini. Dijelaskan bawah hari ini baru tanggal 28 Februari 1949, sedangakn serangan umum akan dilakukan esok pada tanggal 1 Maret. Akhirnya Letnan Komaroudin langsung menarik pasukannya ke luar kota sebelum Belanda bertindak lebih jauh yang bisa mengacaukan rencana besar penyerangan 1 Maret 1949. Letnan Komaroudin kembali menempatkan pasukannya ke posisi awal .

Hari itu juga Belanda langsung menyisir daerah tempat berlarinya pasukan Letnan Koumaroudin di perkampungan sekitar Alun-Alun Selatan dan daerah Tamansari. Seorang gerilyawan berhasil menembakkan senjatanya di posisi terembunyi dan langsung menghajar dada perwira yang memimpin penyisiran tersebut. Akhirnya Belanda menghentikan penggeledahan rumah penduduk dan pasukannya mengurusi mayat perwira tersebut dan kembali ke markasnya.

Insiden dengan pasukan Komaroudin ini Belanda mengalami kerugian tewasnya seorang perwira dan hancurnya 3 buah kendaraan lapis baja dari salvo pasukan Komaroudin., sedangkan pasukan Komaroudin kehilangan Sersan Mayor Moehamad, Sersan Soebani dan Prajurit Moenit yang gugur saat berlindung di alun-alun utara karena tidak sempat mengundurkan diri.

Pada tanggal 28 Februari ini selain insiden Komaroudin terjadi juga insiden di Giwangan, yaitu saat sore jam 18.00 salah satu satuan yang bertugas di Giwangan melakukan sabotase yang seharusnya dilakukan pada jam 04.00 pagi tanggal 1 Maret. Satuan ini memutuskan jaringan telepon yang menghubungi Yogya dan Kotagede, tetapi sayangnya aksi mereka ini diketahui oleh Belanda yang langsung mengerahkan brencarier. Kontak senjata terjadi yang mengakibatkan satuan ini kacau balau. Tembakan gencar SMB 12,7 Belanda membuat pasukan ini terpaksa mundur. Dalam insiden ini seorang perwira Belanda mati, 2 orang TNI kita gugur yaitu Prajurit Soekro dan Soedarsono.

Pada tanggal 1 Maret 1949 pukul 06.00 bersamaan dengan bunyi sirene tanda jam malam berakhir, satuan gerilya serentak ke luar dari kedudukannya. Dengan tekad yang mantap dan semangat tinggi masing-masing satuan gerilya di bawah kendala komandanya, bergerak menyerbu sasaran yang telah ditetapkan.

Kota Yogyakarta pertama kalinya di serbu pasukan gerilyawan secara besar-besaran dan serentak pada banyak posisi yang terpencar. Secara umum terbagi 4 area serangan yaitu dari arah selatan oleh pasukan SWK 102 di pimpin oleh Mayor Sarjono, dari arah Barat oleh pasukan SWK 103 A di pimpin Mayor H.N. Soemoeal, dari arah utara pasukan SWK 104 di pimpin oleh Mayor Soekasno, dan dadri arah timur yang dilakukan oleh Pasukan SWK 105 yang dipimpin oleh Mayor Soedjono.

Singakat cerita (cerita serangan ini cukup panjang, mungkin akan dijelaskan dalam artikel sejarah secara tersendiri) serangan ini berhasil mengusir Belanda keluar dari Yogjakarta dan TNI sempat menguasai Yogyakarta selama lebih dari 6 jam, tetapi yang penting dari serangan ini masyarakat internasional tahu bahwa perjuangan TNI adalah perjuangan rakyat yang didukung penuh. Hal ini juga menunjukkan bahwa Pemerintah RI masih ada dan juga berdaulat. Secara diplomasi Indonesia banyak mengambil manfaat dari serangan 1 Maret 1949 ini.

Referensi : 1. Seskoad, Serangan Umum 1 Maret 1949 Latar belakang dan Pengaruhnya.

2. DR. A.H. Nasution, Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia, Diplomasi atau Bertempur.

3. Sumber-sumber lainnya.

 


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search
***.webcastlinks.com  - ***.sarapiquiinfo.com 10-5-24239 |2014-03-10 03:49:08
avatar In any season, WA Frost specializes in love, exciting sarapiquiinfo [***=http://***.sarapiquiinfo.com/]sarapiquiinfo[/***] and new. (374 Selby Ave [***=http://***.thecouponnerd.com/]thecouponnerd[/***] ., St. Paul; thecouponnerd 651.967.7259). In its submission to the SCoF, the government had taken a ***.theweeklyprint.com dismissive view of the right to privacy of individuals. It noted that [***=http://***.theweeklyprint.com/]***.theweeklyprint.com[/***] of information w
Anonymous |2012-10-03 10:33:24
avatar T_T

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 18 Oktober 2012 22:22 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Sepuluh Ribu Warga Mesir Turun Kejalan Menyerukan Pengalihan Kekuasaan dari Militer ke Sipil
28/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Puluhan ribu warga Mesir menggelar unjuk rasa pada Jumat di Lapangan Tahrir yang merupakan ikon pusat Kairo, menyerukan "pegang martabat".

Para pengunjuk rasa menyerukan penyerahan kekuasaan dari mili [ ... ]


Pers Mesir Dikendalikan Pihak Militer
21/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Aktivitas media di Mesir seperti berada di dalam neraka, tidak mudah bagi seorang redaktur untuk membuat sebuah ilustrasi suatu kejadian tanpa adanya verifikasi dari pihak militer. Ini yang menyeba [ ... ]


Afrika
Fidel Castro Mengecam Cara-Cara Kekaisaran Amerika Serikat
11/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Kuba akan banyak berubah, namun perubahan itu akan terjadi berkat upaya rakyat Kuba sendiri, dan bukan menjadi produk tekanan AS, kata Fidel Castro dalam serial artikel `Refleksi` yang dipublikasikan  [ ... ]


Brasil Sambut Baik Kerja Sama Selatan-Selatan
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Tim Koordinasi Pengembangan Kerja Sama Selatan-Selatan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan/Wakil Kepala Bappenas RI, Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo, melakukan serangkaian pertemuan den [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Kebangkitan Nasional 20 Mei Masih Relevan Sampai Masa Kini dan Masa Akan Datang
23/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Masa-masa penjajahan yang panjang bagi bangsa Indonesia telah menjadi cambuk keras bagi bangsa Indonesia untuk sadar tentang harga diri dan martabat bangsa. Bahwa bangsa Indonesia tidak mau lagi terj [ ... ]


Akbar Tandjung : selesaikan konflik Papua dalam prinsip NKRI
22/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung meminta semua pihak untuk menyelesaikan konflik di Provinsi Papua dalam prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Konflik di Papua itu ha [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Filipina Menempatkan 800 Marinir di Pulau Nansha
02/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Setelah Pemerintah Filipina mengecam kapal China dan meminta kapal-kapal China keluar dari Beting Scarborough yang diklaim Filipina, sekaranglah yang menempatkan lebih dari 800 pasukan marinir untu [ ... ]


Putin Belum Berencana Menghapuskan Wajib Militer
07/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, yang membuat ulang sebuah situs yang dikelola sebagai bagian dari kampanye calon presiden Rusia, menyatakan keraguan pada hari Senin (6/2/2012) bahwa Rusia akan d [ ... ]


Perkembangan Militer
Surakarta Sambut Meriah ASEAN Community 2015
04/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sebagai salah satu program Sosialisasi ASEAN, 150 guru se-Kota Surakarta mengikuti dengan antusias kegiatan “Seminar Sosialisasi Perkembangan ASEAN untuk Guru-guru Sekolah Menengah se-Kota Su [ ... ]


Ranres Usulan Indonesia Disahkan Majelis Umum PBB
30/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Majelis Umum PBB pada 28 Oktober 2011 secara aklamasi telah mensahkan rancangan resolusi “Treaty on the South – East Asia Nuclear Weapon Free Zone” yang sebelumnya diajukan oleh Ind [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Pidato Ir. Soekarno pada Saat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955
Tim Admin Indonesian Voices

Tuan-tuan yang mulia, Nyonya-nyonya, dan Tuan-tuan, Saudara-saudara sekalian! Saya merasa bangga pada hari yang bersejarah ini mendapat kehormatan dan hak istimewa mengucapkan selamat datang pada t [ ... ]


Pergerakan Organisasi PNI 1926-1927, Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sesudah PKI dinyatakan sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah akibat pemberontakannya maka pada tahun 1926/1927 dirasakan perlunya suatu wadah baru untuk menyalurkan hasrat dan aspirasi rakyat y [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Kiprah Tokoh Agus Salim dalam Memperjuangan Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices

Agus Salim yang pada saat setelah lahir diberi nama Mashudul Haq yang berarti “Pembela Kebenaran” sebuah harapan dari kedua orang tuanya yang pada kemudian hari apa yang diharapkan itu ter [ ... ]


Perjuangan Pemuda Robert Wolter Mongonsidi Melawan Penjajahan Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Ini kisah perjuangan seorang pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi yang ditetapkan pada tahun 1973 dan mendapat gelar Bintang Gerilya (tahun 1958) dan Bintang Maha Putera Kelas III (tahun 1960).  [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Kota Bandung Kota Dingin Tempat Konferensi Asia Afrika 1955
12/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Kota Bandung yang dulunya disebut Kota Kembang ini, sangat khas baik dari gedung-gedung tuanya dan juga suhu dinginnya. Kota ini menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu [ ... ]


Menikmati Wisata Air di Nusa Dua dan Tanjung Benoa, Bali
29/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Nusa Dua dan Tanjung Benoa, terletak di ujung selatan pulau Bali namun memiliki daya tarik yang berbeda.

Nusa Dua dengan BTDC (Bali Tourism Development Center) dikenal sebagai pusat hotel berbintang di [ ... ]


Salah Satu Tempat Wisata Pemancingan di Way Kanan, Lampung
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wisata Pemancingan di Kabupaten Way Kanan, merupakan salah satu objek wisata yang baru berdiri. Objek ini berada di Taman Wisata Air Galaxy di Kecamatan Gunung Labuhan Way Kanan, Lampung. Melihat Phot [ ... ]


Benteng Kuto Besak, Benteng Bersejarah Kota Palembang
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bangunan ini dibangun selama 17 tahun di mulai pada tahun 1780 dan diresmikan pemakaiannya pada hari senin tanggal 21 Februari 1797.

Pemprakarsa pembangunan benteng ini adalah Sultan Mahmud Badarudd [ ... ]


Masjid Agung Palembang menjadi Simbol Kebanggaan Masyarakat Sumatra Selatan
05/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Masjid Agung atau juga bernama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I di Kota Palembang ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Palembang, Sumatra Selatan. Letaknya yang berada di jantung kota dan [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Pameran Sepeda Ontel di Gasibu Bandung
26/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sepeda ontel benar-benar semakin populer, bukan karena sejarahnya saja yang memang telah menghiasi masa lalu para biker, tetapi juga militanismenya para Ontel Club telah membuat keberadaan ont [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Wayang Golek Teater Tradisional Masyarakat Sunda
11/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai laya [ ... ]


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]