Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Internasional Asia Moderenisasi Pesawat Tempur Rusia

Moderenisasi Pesawat Tempur Rusia

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Era Rusia sekarang merupakan era yang berkebalikan dengan akhir dari Uni Soviet pada masa perang dingin. Sedikit demi sedikit Rusia berupa membangun kembali kekuatannya sejak kejatuhan Uni Soviet akibat kalah perang dengan Afghanistan dan kekalahan perang dingin dengan barat. Berbagai upaya untuk melakukan moderenisasi berbagai peralatan tempur merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian sejak kebangkitan Rusia era sekarang ini.

Seperti yang dikatakan oleh Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, bahwa, negaranya akan membangun pesawat pengebom strategis baru. Ini merupakan bagian dari upaya Rusia memperbarui arsenal militernya. Putin mengatakan itu dalam siaran televisi, Senin (1/3), sebagai rangkaian dari pengembangan pesawat siluman Rusia, yang telah mengudara pada akhir Januari 2010. Pesawat siluman itu merupakan langkah besar Rusia dalam memodernisasi militernya pascakejatuhan Uni Soviet pada 1991.

Ditengah badai krisis keuangan yang melanda Amerika dan Uni Eropa, pada 22 Desember 2008, Deputi I Ketua Komisi Industri Militer Rusia, menyatakan anggara militer Rusia (2009-2001) mencapai US 35.3 miliar (setara Rp 378 triliun). Dana ini digunakan untuk membiayai produksi persenjataan dan peralatan militer. “Dalam realitanya, anggaran pengeluaran selama tahun ini akan mencapai 1 triliun ruble, kata Vladislav Putilin.

Ia juga menyatakan bahwa pemerintah telah menyetujui permintaan anggaran Departemen Pertahanan Rusia 2009-2011 sebesar 4 triliun ruble (1510 triliun rupiah). [Angka ini jauh lebih besar dari APBN Indonesia yang kurang dari 1000 triliun]. Rusia juga merencanakan pada perbaikan kualitas lebih dari 400 persenjataan baru, material, dan komponen peralatan militer.

Selama kurun waktu 2009-2011, Russian akan menambahkan 70 rudal strategis, 30 rudal Iskander, dan sejumlah jet dan pesawat pengangkut. Putilin menambahkan, “Rusia akan membeli 38 pesawat tempur, 6 pesawat pengintai, lebih 60 helikopter, 14 kapal perang, dan hampir 300 tank dan lebih 2000 kendaraan tempur.”

"Kami tak akan membatasi pengembangan hanya pada satu model baru. Setelah generasi kelima jet tempur, kami harus berpikir dan mulai bekerja untuk mengembangkan generasi berikutnya, penerbangan ber-jangkau jauh yang kompleks - pengangkut misil strategis kami yang baru," kata Putin saat melakukan rapat kabinet yang memfokuskan bahasan pada penerbangan militer di kompleks industri militer Rusia.

Putin tak menyebutkan detail pernyataannya, tapi pengembangan mesin baru pesawat, material untuk konstruksi pesawat, dan elektronik akan menjadi prioritas utama. Kepala penerbangan jangka panjang Rusia, Mayjen Anatoly Zhikharev, mengatakan, bakal pesawat pengebom baru itu bergabung dalam Angkatan Udara pada 2025-2030.

Zhikharev mengatakan, pesawat anyar itu mesti dapat menggantikan pesawat pengebom strategis peninggalan Soviet, semisal Tu-95 dan Tu-160. Sedangkan pesawat tempur siluman pertama buatan Rusia yang mengudara, T-50, disambut baik pemerintah. Sejumlah pengamat menyatakan, pesawat itu hadir hampir dua dekade setelah prototipe pertama pesawat AS F-22 Raptor mengudara.

Setelah jatuhnya Soviet, Rusia mewarisi pesawat berat tapi cekatan Tupolev Tu-95MS, pengebom strategis turboprop, dan mampu mengangkut rudal yang dijuluki Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sebagai Beruang. Rusia juga mewarisi pesawat pengebom jet berukuran lebih kecil tapi modern, berkecepatan supersonik, yaitu Tupolev Tu-160-"Blackjack", pesawat tempur terbesar yang pernah dibuat saat ini.

Belum ada gambaran yang dipublikasikan tentang bakal calon pengebom strategis Rusia itu. Namun, sejumlah pengamat mengatakan, pesawat itu tampaknya akan mengikuti desain dari pesawat pengebom AS B-2, yang telah terbang perdana hampir 20 tahun lalu.
Rusia Memproduksi Sukoi Yang Dipaporitkan Banyak Negara

Untuk mengetahui kecanggihan salah satu hasil produksi teknologi militer Rusia adalah pesawat Sukoi. Informasi kecanggihan pesawat ini akan lebih jelas jika kita mengutip stetment dari mantan Kepala Staf Angkatan Udara Rusia, Jenderal Malyukov Amatoly, dan Penasihat Khusus Direktur Jenderal Sukhoi, Aleksey A Poveshchenko, dalam wawancara dengan Pembaruan di "Indo Defence-2004 Expo & Forum" yang digelar di Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Jakarta, Kamis (25/11).

Aleksey menawarkan kepada Indonesia Sukhoi generasi terbaru yakni generasi keempat, SU-27 SKM-4+, yang multifungsi dan cocok untuk segala kawasan, baik tropis maupun sub tropis.

"Tapi dengan tidak membeli Sukhoi generasi terbaru, pesawat buatan kami memiliki kemampuan lebih, bisa dimodifikasi menjadi lebih modern walau sudah dipakai lebih dari 10 tahun," kata Kepala Ahli Departemen Penjualan Sukhoi, Anatoly Voronkov.

Dengan kemampuan modifikasi itu, kata Voronkov, Indonesia tidak perlu membeli pesawat generasi terbaru, selain karena biayanya lebih murah, juga karena suatu saat bisa dimodifikasi menjadi lebih canggih. Modifikasi bisa dilakukan di semua lini, entah di bagian badan atau mesin pesawat.

Saat ini, Rusia telah memproduksi lebih dari 2.000 pesawat Sukhoi dan menyebar di lebih dari 30 negara. "Malaysia nantinya menjadi negara ke-30 yang akan membeli pesawat kami. Saat ini, baru 29 negara yang membeli Sukhoi dan Indonesia adalah negara ke-29. Malaysia nantinya menjadi negara ke-30," kata Aleksey.

Di Asia, ada beberapa negara yang membeli pesawat Sukhoi buatan Rusia, yakni Indonesia, Vietnam, Cina, India, Myanmar, Bangladesh. Sedangkan Malaysia dan Kamboja baru membeli pesawat MiG dari Rusia.

Mengenai kualitas dan kecanggihan Sukhoi dibandingkan dengan pesawat-pesawat sejenis buatan negara lainnya, terutama F-16 milik Amerika Serikat (AS), Aleksey mengatakan, untuk saat ini Sukhoi lebih unggul.

Ia menjelaskan mengenai keunggulan Sukoi itu dibuktikan pada bulan Oktober 2004 di Gwailor, India, diadakan latihan militer bersama dengan nama "Sindex-Ankush. Dalam latihan itu, pesawat SU-30MKI yang dimiliki Angkatan Udara (AU) India mengadakan latihan tempur dengan pesawat F-16 buatan AS yang dimiliki AU Singapura. Dari empat kali latihan, SU-30MKI unggul tiga kali dan F-16 hanya berjaya di satu sesi. "Ini menunjukkan Sukhoi lebih unggul," kata Aleksey bangga. Ia menambahkan, saat ini India telah memiliki 18 SU-30K dan 22 SU-30MKI.

 


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Pemberontakan Budak Afrika Melawan Ekploitasi Eropa
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Sejak pelayaran besar-besaran yang dilakukan Columbus pada tahun 1492, bangsa Eropa menetap di tempat yang dinamakan Dunia Baru dengan menyingkirkan masyarakat asli setempat. Bangsa Portugis memulai t [ ... ]


Helikopter PBB Jadi Korban Tembakan Sudan Selatan
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perselisihan antara Sudan Utara yang biasa disebut Sudan saja dengan Sudan Selatan yang baru berdiri dan didukung oleh negara-negara Uni Eropa semakin pelik.  Pasukan PBB yang menjaga perbatasan ke [ ... ]


Afrika
Brasil Sambut Baik Kerja Sama Selatan-Selatan
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Tim Koordinasi Pengembangan Kerja Sama Selatan-Selatan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan/Wakil Kepala Bappenas RI, Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo, melakukan serangkaian pertemuan den [ ... ]


Masyarakat Peru Bermimpi Tentang Indonesia
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Suasana pantai Ancon, yang berjarak satu setengah jam dari kota Lima semakin semarak dengan hiasan umbul-umbul khas Bali yang dipasang di tepi pantai Náutico de Ancon, klub terkemuka di Lima. Hias [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Yogyakarta Wilayah Pertama NKRI
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pascaproklamasi kemerdekaan pada 1945, setelah Sri Sultan Hamenku Buwono IX yang berkuasa di Keraton Yogya [ ... ]


NU Salah Satu Tiang NKRI
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Nahdlatul Ulama (NU) dianggap sebagai soko guru yang menjadi salah satu tiang NKRI. Menurut Ketua MK, Mahfud MD, NU selalu menjaga kesatuan itu. "Tiang sosiologis dan politis untuk kelangsungan NKRI [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Filipina dan AS Kembali Lakukan Latihan Militer di Mindanau
03/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

SituasI Laut China selatan semakin memanas dengan adanya latihan militer laut Filipina dan AS dengan nama sandi " CARAT 2012" kemarin dimulai di Laut Mindanao, Filipina selatan.Latihan militer tahunan [ ... ]


Militer China Sukses Uji Coba Rudal Pertahanan
08/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Seorang pakar senjata Tentara Pembebasan  Rakyat China (PLA) telah mengatakan bahwa anti-rudal yang sukses melakukan uji coba  intersepsi oleh China pada Senin (8/10/2012) menunjukkan bahw [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Berupaya Atasi Kesenjangan Antar Negara Anggota
29/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan kemarin ( 29/10 ) menyatakan, ASEAN perlu dengan secepatnya memperkecil kesenjangan perkembangan ekonomi antar anggota, dalam rangka merealisasi target pe [ ... ]


IMF: Ekonomi Indonesia terkuat di ASEAN
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Dana Moneter Internasional atau "International Monetary Fund" (IMF) menyatakan bahwa Indonesia sekarang ini merupakan salah satu negara dengan kondisi perekonomian terkuat di antara negara-negara [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Basuki Rahmat Pahlawan Nasional Ikut Andil Dalam Menghadap Agresi Belanda II
Tim Admin Indonesian Voices

Basuki Rahmat merupakan seorang figur tokoh pahlawan nasional. Ia tidak hanya seorang jenderal, tetapi juga seorang politikus yang piawai dalam mendukung pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pria kelahir [ ... ]


Perjuangan TKR Melawan Pasukan Inggris di Jawa Tengah, November 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perjuangan TKR di Jawa Tengah menempuh perjuangan yang sulit dan penuh pengorbanan, sebab wilayah inilah yang menjadi penghubung antara Jakarta di bagian barat pulau Jawa dan Yogyakarta dan Surabay [ ... ]


Kekejaman Tentara Belanda di Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sudah lama cerita ini tenggelam sebagai sejarah, tetapi kesakitan masyarakat asli rawagede yang pernah menjadi saksi kekejaman penjajah Belanda, dengan mempertontonkan kejahatan terhadap kemanusiaan [ ... ]


Kebiadaban Angkatan Perang Inggris dalam Perang Surabaya, 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Letnan Jenderal Sir Phillip Christison dengan sombong dan angkuh mengeluarkan ancamannya agar para pemuda Surabaya menyerah. Untuk mencapai hal tersebut dalam waktu singkat Inggris menambah kekuatan m [ ... ]


Proklamasi dan Anak Muda Pergerakan, Sukarni Kartodiwirjo
Tim Admin Indonesian Voices

Sukarni (lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916 – meninggal di Jakarta, 7 Mei 1971 pada umur 54 tahun), yang nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo, adalah tokoh pejuang kemerdekaan Ind [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Kota Jakarta Ulang Tahun yang Ke 485
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Berdasarkan sumber berita Kerajaan Portugal pada awal abad ke-15 ada permukiman yang bernama "kalapa", ada yang menyebut juga "Sunda Kalapa" yang menjadi bagian penting dari sebuah Bandar penting mas [ ... ]


Keindahan Pantai Kuta Bali
22/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai di Bali yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domistik maupun mancanegara. Keindahan Pantai Kuta Bali yang mempesona. Photo : tourism.indonesianvoic [ ... ]


Letusan Gunung Krakatau 1883 Terdahsyat dalam Sejarah Letusan Vulkanik
27/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gunung Krakatau sebenarnya adalah  kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana ( [ ... ]


Salah Satu Tempat Wisata Pemancingan di Way Kanan, Lampung
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wisata Pemancingan di Kabupaten Way Kanan, merupakan salah satu objek wisata yang baru berdiri. Objek ini berada di Taman Wisata Air Galaxy di Kecamatan Gunung Labuhan Way Kanan, Lampung. Melihat Phot [ ... ]


Keindahan Pantai Klara, Ketapang Pesawaran Lampung yang Menakjubkan
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Klara di dapat di Selatan Lampung, tepatnya di Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Sebenarnya nama Klara diambil dari kata kelapa rapat, yang memang sepanjang pan [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Pameran Sepeda Ontel di Gasibu Bandung
26/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sepeda ontel benar-benar semakin populer, bukan karena sejarahnya saja yang memang telah menghiasi masa lalu para biker, tetapi juga militanismenya para Ontel Club telah membuat keberadaan ont [ ... ]


Wayang Golek Teater Tradisional Masyarakat Sunda
11/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai laya [ ... ]


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]


Aktivitas Penjual Balon Sabun di Lapangan Parkir Enggal, Bandar Lampung
05/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lapangan Parkir Enggal merupakan alun-alun Bandar Lampung yang biasa menjadi pusat kegiatan berbagai macam kreasi anak muda Bandar Lampung. Lokasi ini berada di Kelurahan Enggal bersebelahan dengan  [ ... ]


Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]